Just another website
Indeks
Islami  

3 Inovasi Teknologi Hemat Listrik Terbaru

Listrik menjadi sumber energi yang kini banyak digunakan. Mulai dari peralatan rumah tangga, sekolah, kantor, hingga inovasi kendaraan dengan tenaga listrik. Berita Terbaru Seputar Teknologi banyak memberikan informasi tentang barang-barang terbaru yang menggunakan energi listrik. Peralatan yang menggunakan energi listrik juga lebih praktis untuk digunakan.

Inovasi Teknologi Hemat Listrik

Banyaknya barang yang menggunakan energi listrik tentu membuat konsumsi listrik meningkat. Namun jangan khawatir karena peningkatan penggunaan energi listrik juga diimbangi dengan inovasi teknologi hemat listrik. Kamu bisa melihat ragam inovasinya di Berita terbaru seputar teknologi. Berikut 3 inovasi teknologi hemat listrik yang harus kamu ketahui :

1. Charger tenaga tanaman

Perusahaan asala Barcelona, Arkyne Tecnologies, menciptakan charger ponsel dengan energi dari tanaman. Teknologi yang diberi nama Bio Lite ini memanfaatkan energi yang berasal dari proses fotosistesis tumbuhan hijau.

Energi ini diubah menjadi energi listrik untuk kemudian bisa digunakan untuk mengisi daya ponsel. Tentunya tanaman yang bisa digunakan juga telah didesain secara khusus agar bisa dikoneksikan dengan kabel usb.

2. AC gerabah

India menciptakan inovasi AC yang tidak menggunakan listrik sama sekali. Inovasi ini adalah hasil kolaborasi antara Deki elektronik dengan The Ant Studio New Delhi. AC gerabah diciptakan untuk mengurangi pemanasan global akibat AC. Maka diciptakanlah teknologi pendingin dengan bahan alami yang lebih murah dan ramah lingkungan.

Struktur dari Ac gerabah adalah beruba ratusan gerabah yang diikat menggunakan bingkai logam berukuran besar. Alat ini diberi nama Beehive. Tentunya teknologi ini sekaligus menghemat penggunaan energi listrik.

3. Lampu botol

Botol air bekas bisa dimanfaatkan untuk menjadi lampu yang bisa menyala tanpa bantuan energi listrik. Bahannya adalah air, seng, boto, dan ditambah dengan cairan pemutih. Lampu ini memanfaatkan cahaya matahari untuk memancarkan cahaya.

***

Demikian 3 inovasi teknologi hemat listrik terbaru. Selain untuk menghemat penggunaan listrik, teknologi ini juga lebih ramah lingkungan. Informasi selengkapnya tentang ragam inovasi hemat listrik bisa dilihat di Berita terbaru seputar teknologi.