Viral Pekerja Migran Indonesia di Myanmar Minta Tolong Dievakuasi

Pekerja Migran Indonesia di Myanmar Minta Tolong Dievakuasi

Rabu, 24 Mei 2023 – 14:01 WIB

VIVA Trending – Sekelompok Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Myanmar berharap dapat segera pulang ke Tanah Air. Pasalnya, mereka kerap diperlakukan tidak manusiawi. Bahkan tidak jarang mereka mengalami tindakan intimidasi dan kekerasan.

Video yang memperlihatkan sekelompok migran Indonesia meminta tolong untuk dievakuasi. Hal ini seperti dilihat dalam unggahan video di sosial media Tiktok @.andre_aries. Mereka ungkap keluhannya.

Pekerja Migran Indonesia di Myanmar Minta Tolong

Pekerja Migran Indonesia di Myanmar Minta Tolong

“Saya harap buat Bapak Presiden Joko Widodo, dan meminta bantuan agar kami segera dipulangkan dari lokasi KK Garden, Myanmar ini. Karena sampai sekarang ini kami belum juga ada dievakuasi, Pak. Saya minta dan teman-teman saya, tolong bebaskan kami, Pak,” ungkap salah seorang PMI, dalam unggahan video Tiktok @.andre_aries.

Dikatakan pria bernama Andreas Richardo ini, dia dan teman-temannya satu rombongan sesama PMI yang berjumlah 12 orang, telah berkerja sekitar enam bulan di KK Garden, Myanmar, sebuah daerah yang berbatasan langsung dengan Thailand.

Namun suasana dan sistem kerja di Myanmar tidak sesuai dengan harapan. Sebab PMI diperlakukan seperti budak, kerap mendapat intimidasi dan tindakan kekerasan, serta tidak diizinkan untuk berinteraksi di luar lokasi kerja.

Halaman Selanjutnya

“Kami sudah menunggu dari tahun kemarin. Dari bulan satu (Januari), kami sudah diurus (proses pemulangan) oleh orang tua kami. Namun dari bulan satu sampai sekarang (Mei) ini, kami tidak juga dijemput-jemput oleh tiga lembaga yang mengurus. Tidak ada evakuasi sama sekali,” terang Andreas.

img_title

Sumber: www.viva.co.id