Viral! Kesurupan Massal Buruh Pabrik di Grobogan yang Beroperasi Saat Tradisi Apitan

Kesurupan Massal Buruh Pabrik di Grobogan yang Beroperasi Saat Tradisi Apitan

Jumat, 9 Juni 2023 – 10:49 WIB

Grobogan – Video yang merekam buruh sebuah pabrik tas di Desa Gebangan, Kecamatan Tegowanu, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah mengalami kesurupan massal viral di media sosial. Salah satunya diposting oleh akun Instagram @infogrobogan.id yang hingga Jumat 9 Juni 2023 pagi sudah ditonton lebih dari 61 ribu kali.

Dalam video amatir itu terlihat beberapa orang pekerja wanita yang kesurupan dirawat di klinik kesehatan pabrik dengan dijaga sejumlah pekerja lainnya. Mereka yang kesurupan dengan tatapan kosong itu menjerit, menangis, meracau dan bahkan tertawa seperti kuntilanak di film-film Indonesia.

“Ingat! sampai terjadi lagi hancuurr! hancuuurrr!,” teriak wanita berbaju garis-garis yang duduk ngelantur di ranjang pasien sembari matanya melotot.

“Bodoh kalian! manusia-manusia bodoh nggak tahu iman kalian semua!,” bentak wanita kesurupan lainnya.

Kepala Disnakertrans Kabupaten Grobogan Teguh Harjokusumo mengatakan kerasukan massal terjadi di tengah rutinitas industri, PT Formosa Bag Indonesia pada Kamis (8/6/2023) siang. Kesurupan dimulai pada pukul 12.30 hingga 14.00. Namun belum jelas berapa jumlah karyawan yang kesurupan di Industri besar tersebut.

“Sesuai hasil koordinasi dengan HRD Formosa, memang betul hari ini Kamis, 8 Juni 2023 beberapa karyawan kesurupan,” kata Teguh, Jumat (9/6/2023).

Halaman Selanjutnya

Menurut Teguh, kerasukan massal tersebut mereda usai manajemen pabrik mendatangkan pemuka agama Islam. 

img_title

Sumber: www.viva.co.id