Viral! Kampus Unand Kembali Digoyang Isu Pelecehan Seksual

Ilustrasi pelecehan seksual

Selasa, 13 Juni 2023 – 14:51 WIB

Padang – Universitas Andalas Padang (Unand), Sumatera Barat kembali digoyang isu pelecehan seksual. Pelakunya, disebut-sebut oknum dosen di Fakultas Hukum berinisial “Z”. Isu ini pun viral setelah akun instagram info Unand memposting foto dengan watermark “Jangan Pegang Pegang Saya Pak”.

Dalam narasi pendukungnya, akun Instagram @infoUnand menjelaskan jika peristiwa dugaan pelecehan seksual yang dilakukan oknum dosen “Z” ini terkuak setelah salah satu korban berinisial “S” mengungkapkan kegelisahannya di sosial media.

Berdasarkan keterangan korban, terduga pelaku yang diketahui belum menikah ini, melakukan pelecehan kepada sejumlah mahasiswi yang mengambil mata kuliah yang diampunya. Korban S mengaku sudah menerima pelecehan sejak awal semester genap tahun 2023 saat Z mengajar mata kuliah yang diambil oleh korban S.

“Sebenarnya mahasiswi yang diganggu bukan saya sendiri (saja), tapi banyak lagi. Yang sama seperti saya, diganggu atau di foto-foto, bahkan ada yang dimintai foto berdua lalu dijadikan profil WhatsApp (pelaku),”demikian narasi yang dikutip dari akun info Unand, Selasa 13 Juni 2023.

Akun info Unand juga menyebut jika terduga pelaku ini sebelumnya sudah pernah mendapatkan surat peringatan oleh pimpinan kampus buntut dari kasus tersebut. Namun, terduga pelaku masih melakukan hal yang sama. Korban merasa terganggu dengan kata-kata dan perlakukan yang dilakukan oleh Z, seperti “Bapak mau ketemu mertua” atau “kenapa ga sama bapak aja”.

Korban juga disebut kerap merasa was-was jika datang ke fakultas karena takut bertemu dengan pelaku. “Karena kalau bapaknya udah liat saya dia pasti manggil saya” tutur S.

Sumber: www.viva.co.id