Just another website
Indeks

Usai Hina Batik di G20, Youtuber Inggris Minta Ampun!

Youtuber Inggris Menyoalkan Batik

Kamis, 17 November 2022 – 11:52 WIB

VIVA Trending – Usai menyinggung batik dan para kepala negara anggota G20, Mahyar Tousi, salah satu Youtuber politik Inggris yang memulai isu itu, meminta maaf secara terbuka meski sempat membela diri pada awalnya.

Mulanya, Tousi, yang dalam bio Twitter-nya mengaku sebagai Youtuber Politik, tersinggung soal pakaian yang dikenakan para politikus di G20. Netizen Indonesia tak butuh lama menyadari musuh bersama. Ia pun kena ribuan mentions yang berisi serbuan mulai dari yang paling edukatif hingga tak beradab.

Youtuber Inggris Menyoalkan Batik

Youtuber Inggris Menyoalkan Batik

Tousi, yang mengunggah di Twitter dari London, Inggris, kemudian menghapus kicauan awalnya. Namun, semuanya sudah telanjur. Tangkapan layar kicauan awalnya beredar di media sosial, bersanding bersama kicauan-kicauan warga asing sejenis yang menyindir batik.

Pada Rabu, 16 November 2022 malam, Tousi sempat mengeluarkan pembelaan diri sambil mengaku menerima ancaman pembunuhan dari WNI hingga pejabat.

“Menyusul beberapa ancaman pembunuhan dan pesan dari WNI dan para pejabat pemerintah, saya ingin menyampaikan foto ini yang diunggah di medsos oleh banyak warga Inggris yang menyebabkan pelanggaran di Indonesia”. Tulisnya.

“Kami biasanya mendapati para politikus kami menjadi kelompok kelompok dan budaya-budaya demi tujuan pencitraan… ngeri dan bersusah payah. Tidak ada niat untuk merusak tradisi budaya mana pun. Kami akan mengkritik politikus bahkan jika mereka mengenakan hoodie London timur hanya untuk “terhubung” dengan daerah tersebut,” Sambung tulisannya.

Sumber: www.viva.co.id