Sosok Sersan Mayor Riadi, Lebih Dikenal sebagai Guru Mengaji daripada Tentara

Sersan Mayor Riadi dan anak-anak di Hote

Senin, 5 Juni 2023 – 13:01 WIB

VIVA Trending – Sersan Mayor (Serma) Mohammad Riadi merupakan seorang pembina desa (Babinsa) yang bertugas di Hote, Waesama, Buru Selatan, Maluku. Namanya cukup akrab di telinga masyarakat karena sosoknya sangat dicintai anak-anak.

Mengutip laman TNI Angkatan Darat, Senin 5 Juni 2023, Serma Riadi merupakan pria kelahiran Bangkalan, Madura, 18 November 1984 silam. Namanya jadi sorotan setelah videonya viral di media sosial, menampilkan anak-anak Hote menangis saat Riadi pergi.

Sersan

Diketahui, Riadi dimutasi dari Hote ke tempat kelahirannya pada 12 Januari 2023 lalu. Saat itu suasana haru mengiringi kepergiannya, sejumlah anak didiknya menangis bersahutan kehilangan sosok pria 38 tahun itu.

Riadi mengawali dinasnya sebagai prajurit TNI Angkatan Darat di Batalyon Infanteri 731/Kabaresi pada 2006. Kemudian dia bertugas di Resimen Induk Kodam XVI/Pattimura, kemudian ke Koramil 1506-05/Wamsisi di wilayah Kodim 1506/Namlea.

Selama menjalankan tugas di Desa Hote, Serma Riadi telah mendirikan perpustakaan yang dinamai Taman Bacaan Dunia Akhirat, kemudian Riadi juga mendirikan Taman Pendidikan Alquran (TPQ) Al-Alim. Di desa kecil ini, riadi lebih dikenal sebagai guru mengaji daripada tentara.

Halaman Selanjutnya

Adapun biaya yang digunakan untuk pembangunan fasilitas belajar tersebut, seluruhnya dihasilkan dari uang tabungan pribadinya. Selain membuat fasilitas belajar, dia juga mengajar anak-anak secara langsung, Riadi telah melakukan kegiatan ini sejak tahun 2020.

img_title

Sumber: www.viva.co.id