Just another website
Indeks

Potret Eksekusi Mati Letkol Untung

Potret Eksekusi Mati Letkol Untung dari Warga Amerika

Jumat, 30 September 2022 – 19:20 WIB

VIVA Trending – Kolektor foto sejarah, Jacob Cass mengungkap salah satu koleksi langka yang ia miliki. Dia memperlihatkan potret pemimpin Gerakan 30 September (G30S) PKI, Letkol Untung yang hendak dieksekusi mati. Potret itu ditampilkan dalam unggahan video di akun Instagram koleksi_sejarah_indo.

Cass menjelaskan, foto tersebut ia beli seharga 50 dolar dari seorang pedagang yang menjual foto arsip perusahaan-perusahaan media. Di awal membeli foto tersebut, Cass mengaku tidak mengetahui foto apa yang ia beli, dia hanya menebak-nebak.

Potret Eksekusi Mati Letkol Untung dari Warga Amerika

Photo :

  • Instagram: koleksi_sejarah_indo

“Mereka hanya memberikan deskripsi foto, dan saya tidak bisa melihat fotonya, jadi saya tanya mereka tentang foto itu, apakah deskripsinya benar, Mereka memastikan deskripsi itu benar” kata Cass, dilansir dari Instagram pribadinya, Jumat 30 September 2022.

Bule asal Amerika Serikat itu pun mengungkap alasannya membeli foto tersebut dikarenakan rasa keingintahuan yang tinggi soal sejarah Indonesia, terlebih, kata dia, foto itu sangat sulit didapatkan dan belum pernah ia lihat sebelumnya.

“Saya belum pernah melihat foto eksekusi Letkol Untung, (setelah baca deskripsi) saya membeli sebelum melihatnya. Saya beli karena foto-foto begitu pasti langka” ungkap Cass.

Sumber: www.viva.co.id