Just another website
Indeks

Operasi Tumor Otak, Pria Ini Tetap Sadar dan Mainkan Saksofon Selama Operasi

Pria inisial GZ saat operasi otak dengan sadar sambil main Saksofon

Jumat, 21 Oktober 2022 – 14:18 WIB

VIVA Trending – Seorang pria di Italia memainkan saksofon selama operasi otak, yang berlangsung selama sembilan jam, di mana para ahli bedah berhasil mengangkat tumor otak di kepalanya.

Pria berusia 35 tahun, yang diidentifikasi oleh Rumah Sakit Internasional Paideia Roma hanya dengan inisial “GZ,” menjalani operasi tumor otak bulan lalu. Namun, berbeda dengan operasi biasanya, saat operasi berlangsung ia tetap terjaga atau sadar sehingga dokter dapat mengangkat tumor tanpa mengorbankan fungsi neurologisnya, kata rumah sakit dalam rilis berita.

“Kompleksitas arsitektur otak dan plastisitasnya yang luar biasa membuat otak kita masing-masing sangat berbeda satu sama lain,” kata ahli bedah utama Dr. Christian Brogna, melansir The Washington Post, Jumat, 21 Oktober 2022. “Setiap otak itu unik, begitu pula setiap orang,” lanjutnya. 

Pria inisial GZ saat operasi otak dengan sadar sambil main Saksofon

Dokter melakukan 50 “operasi terjaga” per tahun, menurut The Washington Post. Prosedur tersebut memungkinkan ahli bedah untuk “memetakan dengan sangat presisi selama operasi jaringan saraf yang mendasari berbagai fungsi otak seperti bermain, berbicara, bergerak, mengingat, menghitung,” kata Brogna. 

Lebih dari 10 dokter, termasuk ahli bedah saraf, ahli anestesi, ahli saraf, ahli neurofisiologi dan insinyur, terlibat dalam “intervensi kompleks” yang merupakan operasi pertama yang dilakukan di Italia, kata rumah sakit tersebut. 

Operasi GZ diperumit oleh fakta bahwa pasien adalah seorang yang kidal, yang menambah lapisan kesulitan dalam memetakan otak. 

Sumber: www.viva.co.id