Just another website
Indeks

Mustahil, Pria Ini Lari Maraton dengan Kapasitas Paru-Paru Hanya 30 Persen

lari maraton

Kamis, 27 Oktober 2022 – 08:01 WIB

VIVA Trending – Seorang pria Australia telah dikenal sebagai Atlet COPD karena kemampuannya yang luar biasa untuk menjalankan seluruh maraton, meskipun hanya memiliki kapasitas paru-paru 30 persen sebagai akibat dari kondisi yang tidak dapat disembuhkan dan progresif.

Russell Winwood didiagnosis menderita COPD (Penyakit Paru Obstruktif Kronis) pada tahun 2011. Pada saat itu, penduduk asli Brisbane telah mengubah hidupnya, setelah selamat dari stroke pada usia 36 tahun. 

Dia telah berhenti merokok, mengurangi minum alkohol, mulai makan lebih baik, dan, yang paling penting, dia berolahraga. Selama bertahun-tahun, ia berkompetisi dalam berbagai jarak triathlon, dari sprint hingga Half Ironman dan bahkan beberapa ultra-maraton. 

Semuanya berjalan dengan baik, tetapi pada satu titik Winwood menyadari bahwa latihannya yang biasa terasa lebih sulit dan dia merasa sulit untuk bernapas. Saat itulah dia menerima diagnosis PPOK, bersama dengan peringatan bahwa paru-parunya beroperasi dengan kapasitas kurang dari 30 persen.

“Didiagnosis dengan PPOK itu sulit. Saya merasa tertipu karena saya telah bekerja sangat keras untuk memulihkan kesehatan saya setelah terkena stroke,” kata Russell kepada Lung Foundation Australia . “Saya bisa saja membiarkan penyakit ini perlahan mencekik kehidupan saya. Sebagai gantinya, saya memutuskan untuk melakukan acara Ironman dan kemudian yang lain, dan yang lainnya. Kemudian saya pikir saya akan berlari maraton di seluruh dunia dan mengumpulkan uang untuk amal.”

Hanya enam bulan setelah mendengar kabar buruk itu, Russell Winwood menyelesaikan triathlon Iron Man pertamanya, seolah-olah untuk menunjukkan dirinya dan seluruh dunia bahwa ia tidak akan membiarkan COPD mengendalikan hidupnya. Itu tidak berarti bahwa dia pergi ke bab ini dalam hidupnya benar-benar buta. Dia mulai membaca tentang kondisinya, minum obat yang tepat, makan dengan baik dan meningkatkan tingkat kebugaran kardio-pernapasannya.

Sumber: www.viva.co.id