Masih Utuh, Begini Penampakan Surat yang Pernah Dikirim Rasulullah ke Raja Romawi

Surat Rasulullah SAW untuk Raja Romawi

Rabu, 31 Mei 2023 – 17:58 WIB

VIVA Trending – Nabi Muhammad SAW pernah mengirim sebuah surat untuk Raja Romawi, Heraclius pada tahun ketujuh hijriyah. Diketahui saat itu Rasulullah mengutus Dihyah bin Khalifah al-Kalbi untuk membawa surat tersebut.

Mengutip buku Perjalanan Hidup Rasul yang Agung Muhammad SAW yang ditulis Syekh Shafiyyurrhman al Mubarakfuri disebut bahwa Dihyah diminta untuk menyerahkan surat itu kepada penguasa Busrah, agar sang penguasa yang menyerahkan surat itu kepada Raja Heraclius.

Ilustrasi pemerintahan Republik Romawi.

Ilustrasi pemerintahan Republik Romawi.

Adapun tujuan Nabi SAW mengirim surat tersebut adalah untuk mengajak Raja Heraclius untuk memeluk Islam. Dalam suratnya Rasulullah mengatakan bahwa apabila Heraclius memeluk Islam maka Allah akan memberinya pahala yang besar.

Salah satu ciri khas surat yang dikirim Rasulullah adalah dengan memberi stempel bertuliskan ‘Allah Rasul Muhammad’. Diketahui tulisan itu terdiri dari tiga baris, yakni Muhammad satu baris, Rasul satu baris dan Allah sebaris.

Kini, potongan surat tersebut dikatakan tersimpan di Masjid The King Hussein Mosque, Yordani. Imam Bukhari pun pernah meriwayatkan isi dari surat tersebut, yang artinya:

Halaman Selanjutnya

Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang

img_title

Sumber: www.viva.co.id