Heboh, Ponpes Al Zaytun Indramayu Kenalkan Islam Suwinti, Apa Itu?

Pondok Pesantren Al-Zaytun Indramayu, Jawa Barat

Jumat, 9 Juni 2023 – 13:26 WIB

Indramayu – Muncul istilah Islam Suwinti dari sebuah kegiatan yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Al Zaytun Indramayu. Islam Suwinti ini diucapkan dalam sebuah sambutan yang disampaikan oleh Khumaidi, salah seorang jemaah Ka’batullah Indonesia. 

Ketika itu, Khumaidi menyampaikan sambutan dalam istighosah yang berlangsung di Pondok Pesantren Al Zaytun. Kegiatan di ponpes yang berada di Indramayu itu diunggah dalam akun YouTube Al Zaytun Official pada Kamis, 8 Juni 2023 kemarin. 

“Suwinti itu sunat, kawin, mati,” kata Khumaidi saat menyampaikan sambutan.

Sebutan Islam Suwinti ini ditujukan kepada golongan orang yang dalam menganut agama Islam hanya bersyahadat pada saat-saat tertentu saja. Seperti ketika khitan, saat mengucap ijab kabul, dan menghadapi kematian. 

Khumaidi mengatakan bahwa Islam Suwinti ini merupakan sebutan untuk golongan muslim yang hanya mengucapkan syahadat di momen tertentu saja. “Hanya sunat baca syahadat, kawin syahadat, mati syahadat,” sebut Khumaidi.

Menurutnya, kelompok tersebut tidak memahami hakikat dari agama Islam karena kelompok tersebut tidak mengetahui cara untuk menyelamatkan diri di dunia. Bahkan, mereka tidak paham soal bagaimana mencari keselamatan di akhirat setelah mati. 

Halaman Selanjutnya

“Tapi belum tahu apa hakikatnya Islam itu. Bagaimana supaya selamat di dunia, dan supaya selamat di akhirat,” jelasnya.

img_title

Sumber: www.viva.co.id