Cerita Jusuf Hamka Diselamatkan Hendropriyono saat Ditahan 21 Hari Era Soeharto

Jusuf Hamka

Jumat, 2 Juni 2023 – 14:40 WIB

VIVA Trending – Jauh sebelum berkecimpung sebagai pebisnis, Jusuf Hamka ternyata pernah dibui saat usianya masih muda. Dia bercerita pengalaman ia alami di masa kepemimpinan Presiden Soeharto atau orde baru (orba).

Kendati demikian, Jusuf Hamka tidak tahu betul hal apa yang membuatnya harus ditahan selama 21 hari. Namun, dia menduga bahwa pernyataan yang pernah ia lontarkan di Gedung DPR MPR lah yang membuatnya ditangkap.

Jusuf Hamka (ilustrasi)

Saat itu, kata dia, seluruh orang yang hadir di Gedung DPR MPR kompak mengusung Soeharto untuk kembali menjadi Presiden. Saat bersamaan, Jusuf Hamka mengusulkan agar Ibu Tien Soeharto lah yang menjadi wakil presiden (wapres).

Sebab, menurutnya, sebagai pasangan suami istri Soeharto dan Ibu Tien dianggap cukup kompeten untuk bekerja sama membangun Indonesia.

“Waktu itu saya dateng ke Gedung MPR-DPR, waktu itu setiap Pemilu calon presidennya cuma satu, (orang banyak berteriak) ‘mendukung Presiden Soeharto sebagai presiden selanjutnya’, di situ saya bilang ‘mendukung wakil presidennya Ibu Tien Soeharto,” ujar Jusuf Hamka dikutip YouTube Denny Sumargo, Jumat 2 Juni 2023.

Halaman Selanjutnya

Lebih lanjut, setelah pulang dari acara tersebut, Jusuf Hamka curiga ada satu unit mikrolet parkir di depan rumahnya. Benar saja, saat hendak masuk gerbang, ia diadang oleh sejumlah anggota polisi yang membawa surat penangkapan

img_title

Sumber: www.viva.co.id