Buya Yahya Bongkar Hukum Perempuan Menindik Hidung dalam Ajaran Islam

Buya Yahya.

Senin, 29 Mei 2023 – 15:04 WIB

VIVA Lifestyle – Dalam ajaran agama Islam, terdapat beberapa hal yang diperbolehkan dan dilarang untuk dilakukan oleh Allah SWT. Salah satu yang diperbolehkan Islam adalah kaum perempuan mempercantik penampilannya dengan menggunakan perhiasan. 

Terlepas dari hal tersebut, apakah agama memperbolehkan seorang perempuan yang memilih untuk menindik hidung? Pemuka agama yaitu Buya Yahya memberikan pandangannya soal permasalahan tersebut lewat kanal YouTube Al Bahjah TV.  

“Kan ada pendapat ulama, seperti Imam Ghazali itu keras dalam hal itu (menindik telinga bagi wanita muslim). (Sementara untuk) Imam Syafi’i, kalau (menindik) telinga adalah karena untuk menggantung perhiasan, (asalkan) sesuai dengan kecantikan perempuan,” ungkapnya. 

Buya Yahya.

Meski begitu, perkara menindik telinga ini hanya diperbolehkan untuk perempuan saja, bukan pria muslim. Jika terlanjur menindik, Buya Yahya mengatakan tidak usah malu mengakui pernah ditindik jika saat ini memilih untuk bertaubat. 

“Saya tidak bicara dengan laki-laki. Kalau laki-laki sudah terlanjur ditindik dan sebagainya, itu masa lalu. Nggak perlu malu, malu hanya kepada Allah, kamu hebat (karena mengakui tindikan itu sebagai bagian dari masa lalu dan kini memilih bertobat),” jelas Buya Yahya. 

Kembali pada persoalan tindik kuping untuk perempuan, Buya Yahya menyebut bahwa selama tindikan itu digunakan sebagaimana mestinya seperti untuk menyenangkan suami dan sebagainya diperbolehkan. 

Halaman Selanjutnya

“Wanita boleh menindik hidungnya asalkan memang tujuannya untuk menyenangkan suami dan sebagainya,” kata Buya Yahya. 

img_title

Sumber: www.viva.co.id