Arti Sesat Versi Ponpes Al Zaytun

Sholat Idul Fitri di Pesantren Al-Zaytun yang Campurkan Jamaah Pria dan Wanita

Kamis, 8 Juni 2023 – 09:30 WIB

Indramayu – Saat ini banyak pihak yang menilai bahwa Pondok Pesantren Al Zaytun Indramayu menganut aliran sesat. Tuduhan ini bukan tak berdasar karena berbagai hal yang dilakukan oleh mereka cukup berbeda dari umat Islam kebanyakan. 

Mulai dari memperbolehkan santri untuk berzina dan menebus dosanya dengan uang jutaan. Kemudian adzan yang dianggap nyeleneh dan berbeda dengan syariat Islam karena ditambah dengan gerakan-gerakan nyeleneh. 

Namun, Pimpinan Ponpes Al Zaytun, Panji Gumilang tidak begitu peduli dengan berbagai tuduhan yang dialamatkan kepada dirinya. Bahkan, civitas akademika pondok pesantren yang berada di Mekarjaya, Gantar, Indramayu itu juga memiliki pandangan yang sama. 

Tuduhan tersebut dianggap mereka sebagai kritik yang dapat menambah semangat membangun pondok yang memiliki ketahanan pangan mumpuni. Mereka menilai anggapan tersebut seperti masuk telinga kanan keluar telinga kiri. 

Namun menariknya, para santri di pondok pesantren yang mempunyai menara masjid setinggi 201 meter itu memiliki definisi sendiri mengenai kata sesat. Seperti yang diunggah civitas Ponpes Al Zaytun Latief WeHa melalui akun media sosial Facebook. 

Unggahan tersebut langsung digeruduk komentar dari warganet. Banyak dari mereka yang justru menambahi definisi sesat menurut versi mereka sendiri. Menurut Latief WeHa ada lima definisi sesat sebagai berikut. 

Halaman Selanjutnya

1. SESAT ITU: Ngaku negara agraris tapi masih terus impor bahan pangan

img_title

Sumber: www.viva.co.id