Just another website
Indeks

Jokowi Jenguk Lesti Kejora di Rumah Sakit

Jepretan layar sebuah unggahan foto yang memperlihatkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) seolah-olah sedang menjenguk penyanyi Lesti Kejora yang dirawat di rumah sakit usai mengalami kekerasan dalam rumah tangga.

Selasa, 4 Oktober 2022 – 15:48 WIB

VIVA Fakta – SUMBER membagikan video dengan isi yang konteksnya TIDAK sesuai dengan fakta, sehingga menyebabkan kesimpulan yang SALAH.

Video itu berjudul “Presiden Jokowi jenguk Lesti Kejora di rumah sakit tanpa kehadiran Rizky Billar”.

FAKTA: selain video yang dibagikan menggunakan gambar pratinjau (thumbnail) hasil SUNTINGAN, salah satu segmen video yang digunakan adalah ketika Jokowi meninjau RSDC (Rumah Sakit Darurat Corona) pada tahun 2020 lalu, BUKAN sedang menjenguk Lesti Kejora.

Salah satu sumber foto yang digunakan di gambar pratinjau, BUMN Track pada 27 Mei 2020: “… Presiden Jokowi ketika meninjau kesiapan fasilitas umum di Stasiun MRT, bundaran Hotel Indonesia, Provinsi DKI Jakarta, Selasa (26/5).”

Salah satu sumber video, CNN Indonesia pada 23 Maret 2020: “Presiden Joko Widodo meninjau kesiapan Wisma Atlet, yang dijadikan rumah sakit darurat penanganan virus corona. Rumah sakit darurat ini berkapasitas 24 ribu orang, yang disiapkan untuk 3 ribu pasien.”

BUKAN sedang menjenguk Lesti Kejora. FAKTA: selain menggunakan gambar pratinjau (thumbnail) hasil SUNTINGAN, salah satu segmen video yang digunakan adalah ketika Jokowi meninjau RSDC (Rumah Sakit Darurat Corona) pada tahun 2020.

https://cekfakta.com/focus/10618

Sumber: www.viva.co.id